Total Tayangan Laman

Sabtu, 13 Agustus 2011

MANAJEMEN MUTU TPQ

MANAJEMEN MUTU
TK/TP AL- QURAN/TQA
 
Oleh
MOH. YANI, S.Ag,MM,M.Pd.I


VISI :
MENYIAPKAN GENERASI QURANI MENYONGSONG MASA DEPAN GEMILANG


DISAMPAIKAN DALAM RANGKA DIKLAT USTADZ/DZAH


TENTANG MUTU

Menurut Dr. Joseph M. Juran :
  1. Meraih mutu merupakan proses yang tidak mengenal akhir
  2. Perbaikan mutu merupakan proses berkesinambungan, bukan program sekali jalan
  3. Mutu memerlukan kepemimpinan dari anggota dewan sekolah dan administrator
  4. Pelatihan merupakan prasarat mutu
  5. Setiap orang di sekolah mesti mendapatkan pelatihan

(Jerome s.Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip perumusan dan tata langkah penerapan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2005),hal 9)

DEFINISI MUTU

SESUATU YANG MEMUASKAN DAN MELAMPAUI KEINGINAN DAN KEBUTUHAN PELANGGAN

(Edward Sallis,Total Quality in Education , (Jogjakarta: IRCiSoD,2006),hal 53-54)
 
UNSUR MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN

  1. Manajemen Peserta Didik
  2. Manajemen Administrasi
  3. Manajemen SDM
  4. Manajemen Kurikulum
  5. Manajemen Sarana Prasarana
  6. Manajemen Keuangan
  7. Manajemen Humas
INDIKATOR PRESTASI

Satu-satunya indikator prestasi yang penting dalam jasa adalah kepuasan pelanggan. Karena pelanggan menilai mutu dengan membandingkan persepsi mereka tentang apa yang mereka terima dengan apa yang mereka harapkan
(Edward Sallis,Total Quality in Education , (Jogjakarta: IRCiSoD,2006),hal 66)
 
TARGET TK / TP AL QUR’AN

  1. Khatam Al Qur’an 30 Juz
  2. Hafal Al Qur’an Juz 30
  3. Hafal Do’a Harian
  4. Hafal Ayat Pilihan
  5. Bisa dan Terbiasa Sholat
  6. Dapat Menulis Huruf Hijaiyah
  7. Punya Semangat Dan Akhlaq Islami

KOMPONEN KEBERHASILAN PENERAPAN MMt

  1. Mesti ada komitmen untuk berubah
  2. Mesti memahami dengan baik dimana lembaga pendidikan al quran kita sekarang ini.
  3. Kita harus memiliki visi masa depan yang jelas
  4. Kita mesti memiliki rencana untuk mengimplementasikan mutu di lembaga pendidikan Al Quran kita.

IMPLEMENTASI MMt
LPPTKA BKPRMI JAWA TIMUR

STANDARISASI MUTU TK/TPA

  1. Standarisasi Guru
a)      Memiliki  Semangat dan Akhlak Islami
b)      Tartil Membaca Al Quran
c)      Menguasai Materi Penunjang
d)     Menguasai Ketrampilan Mengajar
e)      Menguasai Manajemen Pengelolaan TK/TP/TQA

  1. Standarisasi Pembinaan
a)      Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT)
1)      Paket A
2)      Paket B
3)      Paket C
b)     Perkuliahan (PGTKA)
c)      Tematik (sesuai kebutuhan)
1)      Pembinaan Tartil Al Quran
2)      Pembinaan BCM
3)      Dll

  1. Standarisasi Evaluasi Pembelajaran
a)      Tingkat Unit
1)      Kenaikan Halaman
2)      Kenaikan Jilid
3)      Al Quran
4)      Materi Penunjang
b)     Tingkat Kecamatan/Daerah
1)      Khatam Al Quran
2)      Materi Penunjang

  1. Standarisasi Ketuntasan Hasil Belajar

a)      Individual 80 %
b)      Kelompok 85 %

  1. Standarisasi Ketuntasan Waktu Belajar
a)      TKA (Taman Kanak-kanak Al Quran)
1)      Waktu : 2 tahun
2)      Jenjang            : Paket A dan Paket B
3)      Usia     : 4 – 6 tahun

b)      TPA (Taman Pendidikan Al Quran)
1)      Waktu : 2 tahun
2)      Jenjang            : Paket A dan Paket B
3)      Usia     : 7 – 12 tahun
c)      TQA (Ta’limul Quran lil Aulad)
1)      Waktu : 2 tahun
2)      Jenjang            : Paket C
3)      Usia     : 13 – 15 tahun

Diskusi Kelompok

         Apakah Masalah Utama TK-TP Al Qur’an  Di Daerah Anda ?
         Apa Langkah Yang Akan Anda Lakukan ?
PROGRAM
PENINGKATAN MUTU TK/TP/TQA


1. Supervisi
2. Pembinaan
3. Sertifikasi Ustad/zah
4. Akreditasi Unit

1 komentar: